
Figure 1 Guru-guru SMK Mahadhika 3 menghadiri wawancara akreditasi bersama tim BAN-PDM, Bapak Yogi Wiratomo M. Pd. dan Ibu Rohilah M. Pd., sesuai dengan program ajaran masing-masing.
Proses akreditasi SMK Mahadhika 3 berlangsung selama dua hari, mulai dari Jumat, (11/07/2025), hingga Sabtu (11/08/2025). Bapak Yogi Wiratomo M. Pd. dan Ibu Rohilah M. Pd., selaku asesor dari tim BAN-PDM, mengunjungi sekolah untuk melakukan visitasi asesi sesuai dengan Deskripsi Kinerja Asesi (DKA) yang diinput sekolah di dalam aplikasi SISPENA. penggalian data yang dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara yang dibawakan secara menarik dan menyenangkan. Sebagai responden tidak hanya guru dan siswa yang di wawancarai, melainkan dari pihak Industri dan perwakilan orangtua siswa.

Figure 2 Proses penyambutan tim asesor BAN-PDM dan juga guru SMK Mahadhika 3 untuk dibukanya acara akreditasi oleh siswi dari ekstrakurikuler tari tradisional.
Acara dimulai dengan upacara penyambutan bagi para asesor. SMK Mahadhika 3 telah menyiapkan sekelompok siswi dari ekskul Tari Tradisional untuk menampilkan Tari Sirih Kuning, yang menciptakan jalan penyambutan bagi para asesor. Upacara ini sangat simbolis karena menunjukkan budaya Jakarta, di mana mayoritas penduduknya berasal dari keturunan Betawi. Setelah upacara, para guru, yang merupakan fondasi penting dari sekolah, juga mendapat sambutan dari para penari. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Abdul Rochim S. Ag., M.M., sebagai Kepala Sekolah, sambutan dari Asesor dan sambutan dari perwakilan yayasan yang diwakili oleh Bapak Drs. Haryanto. Acara visitasi akreditasi dibuka dengan pemaparan profil SMK Mahadhika 3 dan beberapa point Deskripsi Kinerja Asesi yang disampaikan oleh Bapak Andri M. Pd sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan sekaligus ketua Tim Akreditasi SMK Mahadhika 3

Figure 3 Kondisi set-up table di restaurant SMK Mahadhika 3 yang di buat para siswa-siswi perhotelan, dan dijelaskan oleh guru Food & Beverage, Bapak Sardion Saragih B. A. didampingi oleh siswi kelas 11, Aisah Palentina.
Setelah upacara pembukaan, para asesor melanjutkan evaluasi dengan berkeliling kampus. Mereka mengamati fasilitas sekolah, ruang kelas, dapur, dan restoran. Para penilai mengunjungi setiap kelas, dari kelas 10 hingga 12. Suasana di dalam kelas tertib, dan siswa-siswa menunjukkan perilaku yang baik. Sementara itu, setengah dari siswa bertugas untuk menyiapkan makan siang bagi para penilai dan guru. Siswa-siswa ini dibagi menjadi dua tim: satu tim untuk dapur dan satu tim lagi untuk area restoran. Siswa yang berada di dapur membantu menyiapkan makanan, sedangkan yang berada di restoran membantu dalam menyajikan makanan, menata tempat duduk, dan menyajikan minuman. Dapur dipimpin oleh Bapak Sudiharto SE, sebagai kepala koki dan pengajar mata pelajaran Food Product, sementara diruang restaurant dipimpin oleh Bapak Sardion Saragih, B.A., guru mata pelajaran Food and Beverage (F&B) Service. Di bawah bimbingan mereka, siswa berhasil menyajikan hidangan lengkap yang mendapat pujian dari para guru dan penilai.
Pada hari pertama, menu dimulai dengan minuman pembuka es Kuwut yang menyegarkan. Hidangan utama berupa ayam teriyaki yang lezat disajikan dengan nasi, diikuti dengan puding buah manis dan segar sebagai pencuci mulut.

Figure 4 Pembuatan Es Kuwut di meja bartender yang dibuatkan oleh salah satu siswa SMK Mahadhika 3 kelas 12, Alvito sebagai minuman untuk menyambut guru dan tim asesor.
Pada hari kedua, tamu disuguhkan sup krim jagung yang kental dan lezat sebagai hidangan pembuka. Hidangan utama berupa Chop Beef Steak yang berasap dan empuk, dipadukan dengan minuman es Mango Lava yang menyegarkan dan manis. Sebagai pencuci mulut, disajikan panekuk madu bluberi yang lembut.

Figure 5 Hidangan makanan dan minuman yang dibuat oleh para siswa berupa Es Mango Lava dan Chop Beef Steak.
Untuk menjaga kredibilitas proses akreditasi, para penilai melakukan serangkaian wawancara mendalam yang melibatkan berbagai pihak, termasuk guru, siswa, perwakilan dari dunia usaha dan industri (DUDI), orang tua siswa, dan anggota yayasan. Wawancara berlangsung lancar dengan suasana kolaboratif, di mana semua pihak telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menjawab pertanyaan mengenai kualitas pendidikan dan fasilitas yang ada di sekolah. Persiapan yang matang ini memungkinkan penilaian yang mendalam terhadap institusi sebagai lingkungan yang efektif dan mendukung bagi pembelajaran dan perkembangan siswa.

Figure 6 Kegiatan wawancara guru di hari akreditasi sekolah bersama tim BAN-PDM dalam menilai kinerja dan kualitas pengajaran untuk siswa-siswi SMK Mahadhika 3.
Acara ditutup pada sore hari tanggal 8 November. Upacara penutupan diakhiri dengan pernyataan dari para guru. Di akhir acara, ketua yayasan, Ibu Ir. Hj. Sri Hidayati Basuki, menyampaikan pidato yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada para asesor yang bertugas melakukan asesi di SMK Mahadhika 3, serta menghargai kerja keras Tim Akreditasi SMK Mahadhika 3 dalam meningkatkan kualitas dan mutu sekolah dengan harapan mendapatkan nilai yang terbaik dari kegiatan Asesi ini.
